Wisata Pantai Sembukan Wonogiri - TNN TRAVEL

Wisata Pantai Sembukan Wonogiri

Objek Pantai Sembukan yang berada di Wonogiri ialah salah satu Pantai yang sangat populer, serta menjadi salah satu tujuan para turis saat datang ke Wonogiri dan sekitarnya. Pantai Sembukan muncul dengan ombak khas Pantai Selatan sampai-sampai sedikit ngeri saat kita dekati.

Wisata Pantai Sembukan Wonogiri

Akan namun, keelokan mengenai Pantai Sembukan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. walaupun di balik keindahannya tersebut tersimpan mitos mengenai Pantai satu ini. Salah satunya mitos yang berhubungan dengan Ratu Pantai Selatan. Untuk itu, langsung saja kita bahas secara lengkap mengenai Pantai Sembukan Wonogiri.

Daya tarik Wisata Pantai Sembukan

Wisata Mistis 

Pantai Sembukan sangat ramai sekali saat Malam Satu Suro menjelang. Di malam itu semua para awak keraton Surakarta dan para abdi-abdi keraton datang membawa sesajen untuk dipersembahkan bagi si Penguasa Lautan Kidul. Upacara malam satu suro yang biasa dikenal Larung Ageng ini diadakan oleh Kasunanan Surakarta Pemkab Wonogiri dan masyarakat sekitar Paranggupito diadakan bertujuan menghargai penjaga Pantai. seandainya sudah mengarah ke hal-hal yang berbau mitos maka Anda harus paham dengan aturan-aturan yang dilarang seperti dilarang mengambil sesuatu apapun.

Namun tidak hanya misteri dan mitos yang daya tarik dari Pantai ini, panorama alam dan hamparan karang di Pantai ini merupakan daya tarik yang begitu memesona bagi anda. Karang-karang besar yang berdiri gagah di bibir Pantai menjadi nuansa tertentu bagi pegiat rock climbing (RC) meski belum ada jalur resmi untuk aktivitas RC.

Di Pantai ini terdapat karang-karang kecil yang sangat tajam, tidak hanya itu deburan ombaknya sangat besar menjadikan Pantai ini terlarang untuk dipakai sebagai media berenang. Namun jangan bersedih karena Anda bakal puas dengan panorama alam dan panorama karang ataupun deburan ombak yang sangat indah untuk dinikmati.

Keelokan Menawan 

Berjalan 20 meter dari tempat parkir, anda akan disambut bibir Pantai kecil yang dipeluk bukit karst besar. bilik karang tebal menghiasi muka Pantai, sampai-sampai ombak yang tiba di tepian Pantai tak lagi berarus kencang. Di bukit sebelah barat, nampak 2 jajaran tangga yang membimbing wisatawan ke 2 bukit besar. pas di atas bukit tersebut terdapat 2 bangunan berbeda.

Di bukit pertama, ada teras luas untuk memandang lautan lepas. Anda akan mendapatkan panorama indah Pantai Sembukan dari ketinggian, serta Pantai Klothok yang terletak di sebelahnya. Kedua Pantai ini hanya dibatasi bukit besar. sedangkan di atas bukit kedua, dimanfaatkan sebagai bangunan mushola.

Kuliner di Sekitar Pantai 

Yang namanya tempat wisata tentu sering memperkenalkan wisata kuliner. Hal ini ternyata juga berlaku di Pantai Sembukan. Banyak sekali jajanan ataupun santapan ringan dan santapan berat yang dijual oleh penduduk lokal di Pantai Sembukan.

Untuk itu, seandainya Anda sedang berkunjung ke Pantai Sembukan jangan lupa untuk menikmati sajian kuliner khas Pantai Sembukan itu sendiri. kerasanya sangat sayang sekali seandainya ada sampai melewati wisata kuliner di Pantai Sembukan.
Memancing Ikan di Pantai Sembukan

Pantai Sembukan ialah surganya para pemancing. Untuk itu seandainya Anda ialah salah satu orang yang memiliki hobi memancing ikan maka datang ke Pantai Sembukan ialah salah satu jawaban yang pas.

Menikmati Ombak Pantai Selatan 

Ombak Pantai Selatan memang unik dan memiliki karakteristik khas tertentu. Ombak yang besar menjadikan pengunjung ke bibir Pantai saja. Namun ombak Pantai Selatan ini sangat indah apabila kita nikmati dari kejauhan. Untuk itu, Anda yang berkunjung ke Pantai Sembukan jangan lupa untuk duduk dari kejauhan Pantai dan menikmati hamparan ombak khas Pantai Selatan.

Akses mengarah Pantai Sembukan 

Akses mengarah Pantai Sembukan ini sama dengan akses mengarah Pantai Nampu. namun nanti ada sebuah pertigaan yang memisahkan kedua Pantai tersebut. seandainya kalian ke kiri kalian akan ke Pantai Nampu, lurus untuk ke Pantai Sembukan dan kanan untuk ke Pantai Sadeng.
Rute Pantai Sembukan seandainya diakses dari Solo:
Solo-Sukoharjo-Wonogiri-Pracimantoro-Paranggupito-Pantai Sembukan

Harga Tiket Masuk di Pantai Sembukan 

Tentu untuk mampu menikmati keelokan di sebuah tempat wisata kita harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. tetapi tenang saja, Anda cukup dengan keluarkan duit sebesar Rp 3. 000 saja untuk bisa menikmati keelokan Pantai Sembukan. Tiket tersebut sangat murah seandainya dibanding dengan keelokan panorama alam alam yang ada di Pantai Sembukan.
Sekian ulasan tentang Pantai Sembukan Wonogiri, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Wisata Pantai Sembukan Wonogiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel