Objek Wisata Air Terjun Girimanik - TNN TRAVEL

Objek Wisata Air Terjun Girimanik

Kabupaten Wonogiri menjadi kabupaten Jawa Tengah yang berbatasan dengan wilayah Jawa Timur. Kabupaten Wonogiri memiliki wilayah pegunungan yang indah dan asri. Sebagai salah satu tempat penghasil sayur-mayur terbaik di Jawa Tengah, Wonogiri menaruh banyak bermacam lokasi yang indah dan menarik untuk didatangi sebagai objek wisata.

Objek Wisata Air Terjun Girimanik


Keberadaan air terjun Sentren atau dikenal Air terjun Girimanik juga menjadi olahan pertimbangan warga sekitar untuk menghabiskan liburan dengan berkunjung ke lokasi objek wisata. Air Terjun Sentren memiliki 3 buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Daya Tarik Air Terjun Girimanik

3 Air Terjun 

Pesona yang dimiliki air terjun Desa Setren ini merupakan keberadaan 3 buah air tejun yang sangat indah diiringi panorama alam perbukitan yang asri.
Ketiga air terjun itu berada di kawasan Air Terjun Girimanik Setren dengan nama berbeda-beda ialah Air terjun Manik Moyo, Air Terjun Condromoyo dan Air Terjun Tinjo Moyo.
Ketiganya juga memiliki ketinggian berbeda ialah Air Terjun Manik Moyo sekitar 70 meter dan Air Terjun Tinjo Moyo sekitar 30 meter belum ada data pasti mengenai ketinggiannya.

Agrowisata Durian 

Tidak hanya destinasi air terjun, Anda mampu juga merasakan agrowisata buah durian di wilayah ini. Hal ini diakibatkan bahwa Kecamatan Slogohimo memiliki kemampuan sangat baik dalam pengembangan tanaman durian.

wilayah Slogohimo yang menjadi lokasi Air Terjun Girimanik Setren berada merupakan kecamatan dengan penghasil buah durian terbaik di Wonogiri.

Untuk para pecinta buah tropis beraroma harum menusuk ini pasti tidak boleh dilewatkan. sembari wisata alam juga wisata kuliner buah durian.

Terdapat 4 pusat durian di kawasan ini antara lain Desa Slogohimo, desa Sedaya, desa Gunan dan desa Sokoboyo. Bagaiman, sangat menarik bukan?

Disamping itu udara sejuk yang membungkus lereng Gunung Lawu akan menambah atmosfer sangat menyegarkan di sekitar tempat wisata alam ini.

Misteri air terjun girimanik 

Tak jauh dari lokasi air Terjun Manik Moyo terdapat sebuah tempat yag dikira sakral bernama Batu Besi. Asal usul batu besi ini merupakan petilasan dari Raden Mas Said. Raden Mas Said merupakan salah satu pahlawan yang memiliki nama lain ialah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I.

Mirip dengan beberapa tempatt wisata di tanah air, disini juga ada kegiatan tahunan yang menarik ialah Susuk Wangan. Upacara Susuk Wangan merupakan sebagai perwujudan kerasa syukur masyarakat setempat atas limpahan air yang sangat bermanfaat diberikan oleh Tuhan tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan tiap hari namun juga untuk pertanian.

aktivitas Susuk Wangan jatuh pada hari Sabtu Kliwon di bulan Besar. Bulan Besar merupakan bulan yang jatuh sehabis bulan Apit kalender Jawa. saat aktivitas selamatan selesai dilakukan, semua masyarakat bergotong royong bersama membersihkan seluruh saluran air yang berasal dari mata air pegunungan mengarah ke desa. aktivitas ini diharapkan biar air selalu bisa dengan mudah mengalir dan memberikan manfaat yang besar serta berkah bagi masyarakat setempat.

Upacara Susuk Wangan ini sangat menarik karena tidak hanya aktivitas bersih-bersih namun juga terdapat beberapa kegiatan kesenian. Untuk yang mau berhasil datang kesini hendaknya saat diadakannya kegiatan Susuk Wangan sampai-sampai mampu wisata alam dan juga budaya sekalian. Mengabadika momen tersebut kedalam foto dan menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

Rute mengarah Air Terjun Girimanik 

Objek wisata ini terletak di desa Sentren, kecamatan Slogohimo, kabupaten Wonogiri. Jarak tempuh dari pusat kota Wonogiri kurang lebih 40 kilometer ke arah Ponorogo, Jawa Timur.

Perjalanan menuju arah kecamatan Slogohimo dari arah pusat kota, sekitar 10 kilometer ke arah utaradari Slogohimo menempuh jalan yang menanjak akan menemui gerbang pintu masuk air terjun. Dari gerbang pintu masuk, ekspedisi diteruskan ke arah Bumi Perkemahan. Untuk mengarah Air Terjun Manik Moyo dibutuhkan waktu sekitar 5 menit dari lokasi perkemahan.

sebaliknya untuk ke Air Terjun Tejo Moyo dibutuhkan waktu 30 menit dari bumi perkemahan dengan mengambil arah jalan lain menuruni lembah. Dan untuk ke air terjun yang ketiga Condromoyo, dari jalur kedatangan pas di persimpangan antara bumi perkemahan dan Air Terjun Tejo Moyo mengambil jalan ke arah kanan. Waktu yang dibutuhkan ke air terjun ketiga ini sekitar 15 menit.

Lokasi wisata ini tidaklah kalah dengan lokasi wisata air terjun di tempat yang lain di Jawa Tengah seperti air terjun Tawangmangu. keelokan air terjun, ketinggian air terjun, lokasi sekitar air terjun mendukung untuk keelokan dan aspek kesegaran tempat wisata. sebab seperti itu yang menjadikan tempat ini layak untuk didatangi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Girimanik 

Harga tiket masuk ke lokasi ini kurang lebih Rp5. 000 ,-per orang dan biaya parkir kendaraan roda 2 Rp2. 000 ,-per kendaraan.

Sekian tentang ulasan daya tari, lokasi, rute dan biaya masuk Air Terjun Girimanik. Semoga dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Objek Wisata Air Terjun Girimanik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel