Wisata Pantai Nampu Wonogiri - TNN TRAVEL

Wisata Pantai Nampu Wonogiri

Objek pantai Nampu menjadi salah satu destinasi wisata kesukaan di Wonogiri dan menarik untuk didatangi. Pasir pantainya yang putih, dihiasi dengan karang-karang yang indah membuat pantai Nampu berpotensi besar untuk menjadi wisata alam yang terkenal di golongan turis.

Namanya merupakan pantai Nampu, mungkin sebagian orang tidak mengenali tentang objek wisata Wonogiri satu ini. meski masih kalah terkenal dengan pantai Klayar di Pacitan, tetapi keelokan pantai Nampu Wonogiri tak boleh kita remehkan.

Sejarah pantai Nampu


Menurut data dari masyarakat sekitar, awal mulanya tanah di wilayah pantai Nampu hingga pantai Sembukan ialah miliki masyarakat setempat. tetapi pada tahun 1979 berlangsung pembelian tanah besar-besaran oleh Perusahaan Batik Keris dengan cara paksa dan tanpa adanya tawar menawar.
Agar terlaksananya pembelian tersebut, aparat keamaan pada masa itu ikut andil membantu dengan menyebarkan isu kalau tanah tersebut dibeli Pemerintah.

Hingga akhirnya pada saat pembayaran, terungkaplah seandainya ternyata tanah di pantai Nampu hingga pantai Sembukan bukan dibeli Pemerintah, sebaliknya Perusahaan Batik Keris.

Daya Tarik Pantai Nampu

keelokan Alam pantai Nampu

berdialog mengenai keelokan panorama alam alam di pantai Nampu, terdapat tebing batu di masing-masing sisi pantai yang terlihat seperti sebuah corong. Adanya tebing batu ini semakin menguatkan nuansa keheningan dan kesunyian bagi turis yang berkunjung ke pantai Nampu.
atmosfer yang masih hening dan asri membuat Anda mampu melaksanakan banyak kegiatan di sini. Waktu liburan Anda bersama keluarga akan semakin berkesan dengan suguhan panorama alam alam pantai Nampu yang elok dengan hamparan pasir putih dan garis pantainya yang panjang.

Perpaduan laut dan tebing

atmosfer di pantai Nampu ini gak jauh berbeda dengan pantai di pesisir Yogyakarta yang penuh dengan tebing. Wajar memang karena Wonogiri itu berada di dataran besar. Jadi, untuk bisa menjangkau bibir pantai kita perlu menuruni puluhan anak tangga lebih dulu.
Kita juga bsia kok menikmati atmosfer pantai dari ketinggian. Karena ada beberapa warung di bagian atas yang bisa kita singgahi sebelum turun bermain air.

Gugusan batu karang yang mempesona

Di pantai ini kita bisa temukan banyak spot foto. Cocok buat kamu yang suka hunting foto. Salah satunya di sudut kanan pantai ini yang terdapat bebatuan karang. tetapi, tetap harus berhati-hati ya. Usahakan tetap gunakan alas kaki saat hunting foto karena di beberapa bebatuan dijadikan tempat tinggal bagi kepiting.

Lokasi Wisata pantai Nampu

pantai Nampu Paranggupito Wonogiri ini merupakan wisata pantai yang berlokasi di Dsn Dringo, Ds Gunturharjo, Kec Paranggupito, Kab Wonogiri, Jawa Tengah. Dari pusat kecamatan Paranggupito jaraknya sekitar 15 kilometer. pantai Nampu masih belum banyak diketahui oleh turis disebabkan akses transportasi mengarah ke lokasi yang masih agak susah.

Rute pantai Nampu dari Solo

Bagi Anda yang mau berhasil mengarah ke pantai Nampu dari arah kota Solo, rute yang mampu ditempuh yakni mengarah ke Kabupaten Wonogiri terlebih dahulu. Selanjutnya ada 2 alternatif rute ekspedisi untuk sampai ke Kecamatan Paranggupito, ialah melalui jalur Pracimantoro, ataupun Jalur Baturetno.

Nantinya, di perempatan Giribelah kedua jalur tersebut akan berjumpa, dan Anda mampu menerukan ekspedisi mengarah ke selatan. Jarak yang akan di tempuh dari perempatan Giribelah kurang lebih 25 kilometer. Anda cukup mengikuti jalan tersebut terus hingga sampai ke lokasi wisata pantai Nampu.
Jadi, alur rutenya secara singkat merupakan sebagai berikut:

Berasal arah kota Solo ke Wonogiri, lalu ke Baturetno, Giriwoyo, Girintontro, Giribelah, Paranggupito, Gunturharjo, Dringo, sampai tiba di pantai Nampu.

Rute pantai Nampu dari Sukoharjo

Rute ke pantai Nampu dari Sukoharjo, kurang lebih kira-kira sama. Acuannya sama saja ialah pusat kota Wonogiri, lalu melalui Baturetno, Giriwoyo, Paranggupito, terus hingga ke Desa Gunturharjo, Dringo, dan sampai di pantai Nampu.

Jarak dari Sukoharjo ke pantai Nampu sekitar 85 kilometer dengan ditaksir waktu tempuh sekitar 2, 5 jam ekspedisi memakai kendaraan.

pantai yang masih sangat asri ini ialah alternatif wisata yang pas bagi Anda dan keluarga yang mau berhasil menghabiskan waktu di akhir minggu. Akses jalan mengarah ke pantai Nampu memang agak susah, Anda akan menemui banyak jalan bergelombang, tanjakan dan tikungan tajam sepanjang ekspedisi.

Harga Tiket Masuk pantai Nampu

Bagi turis yang mau berhasil masuk ke lokasi dan menikmati pesona keelokan pantai Nampu Wonogiri diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu per orang. sebaliknya untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Tips liburan Ke pantai Nampu Wonogiri

1. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai Nampu merupakan saat hari biasa (senin-jumat) karena saat weekend biasanya akan ramai olehpengunjung.
2. seandainya kamu mau berhasil merasakan atmosfer yang lebih hening, cobalah mengarah ke pantai bagian 2 dan 3. Lebih dianjurkan memakai kendaraan individu, baik motormaupun mobil daripada memakai kendaraan umum.
3. Ombak di pantai Nampu terbilang cukup besar, jadi kamu harus hati-hati ya.

Sekian ulasan tentang pantai Nampu Wonogiri, semoga mampu bermanfaat. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Wisata Pantai Nampu Wonogiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel