Benteng Pendem yang Menyegarkan - TNN TRAVEL

Benteng Pendem yang Menyegarkan

Benteng Pendem Cilacap, salah satu bangunan aset Belanda yang masih terpelihara sampai sekarang. Menurut wikipedia, Benteng Pendem dibentuk pada tahun 1861 secara bertahap sepanjang 18 tahun. Benteng ini lampaunya ialah markas pertahanan tentara belanda dan difungsikan untuk menahan gempuran yang datang dari arah laut.

Benteng Pendem yang Menyegarkan

Gerbang Depan Benteng Pendem Cilacap

Benteng ini juga sempat dipahami oleh tentara jepang pada tahun 1942, sebelum ditinggalkan tahun 1945 karena pada waktu itu Hirosima dan Nagasaki dibom oleh Sekutu. setelah itu benteng ini diambil alih oleh TNI dan sempat dipakai sebagai tempat pelatihan prajurit.

yup.. ada beberapa bagian dari Benteng Pendem yang masih mampu kita lihat apabila mendatangi tempat ini ialah diantarnya merupakan barak prajurit, ruang klinik, penjara, ruang senjata, ruang rapat, ruang perwira.

Berikut beberapa sketsanya yang sempat kami abadikan.


Ruang Tahanan

ruang senjata
Ruang Seenjata

Kondisi Benteng Pendem

Kondisi memprihatinkan sementara itu bangunan sarat histori Butuh atensi dari pemerintah setempat Ruang Penjara Ruang Klinik (kebayang tidak kalau kalian rawat inap disini hehehe)

begitu kurang terpelihara Dan konon di benteng ini juga ada terowongan bawah laut yang menghubungkan ke benteng dan gua-gua yang ada di pulau Nusakambangan, tetapi sampai sekarang masih belum teruji keberadaannya.

Kondisi benteng pendem sekarang cukup memprihatinkan, banyak sarana yang sudah usang dan condong kurang terpelihara. Ini PR buat pemerintah setempat dalam melestarikan bangunan cagar budaya yang sarat akan sejarah.

Benteng pendem terletak di zona pantai Teluk Penyu, jadi kurang afdol kerasanya kalau tidak mampir ke pantai kebanggaan kota Cilacap ini..

atmosfer sepi cocok buat represingJadi inget lagunye Didi Kempot heheheBisa liat kapal gede-gede Itu lah kiranya sekilas tentang objek wisata sejarah yang ada di kota Cilacap gaes. Semoga data ini bisa bermanfaat dan jadi salah satu saran tempat wisata seandainya kalian berkunjung ke Cilacap.

Belum ada Komentar untuk "Benteng Pendem yang Menyegarkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel