Objek Wisata waduk gajah mungkur wonogiri - TNN TRAVEL

Objek Wisata waduk gajah mungkur wonogiri

Waduk Gajah Mungkur sebagai destinasi saat melancong ke Solo. Waduk ini ditempuh kurang lebih 1 jam 30 menit ekspedisi dari kota solo, dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer jauhnya dari kota solo.

Waduk ini berada kabupaten Wonogiri, sekitar 6 kilometer dari kota wonogiri. Waduk gajah mungkur ialah waduk buatan yang dibentuk pemerintah, diawali pembangunan tahun 1970 dan mulai dipakai 8 tahun setelah itu 1978. Nama lain dari Waduk Gajah Mungkur adalah Waduk Serbaguna Wonogiri.

Wisata waduk gajah mungkur wonogiri


Waduk gajah mungkur memiliki luas kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan, air waduk dipakai untunk mengairi sawah wilayah disekitarnya, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Klaten, juga untuk wilayah Wonogiri sendiri. disamping untuk pengairan dipakai juga sebagai pemasok air minum dan Pembangkit Listrik Tenaga Air, sebesar 12, 4 MegaWatt. Dahulu pemerintah mentransmigrasikan penduduk ke Sumatera Barat. Kareta tergusur oleh adanya waduk ini.

Disamping sangat bermanfaat untuk kehidupan penduduk, waduk yang ialah ikon wisata solo ini juga memiliki wisata air yang sangat menarik didatangi, wisata Waduk gajah mungkur Wonogiri sudah sangat populer, saat masa lebaran/liburan tempat ini penuh dengan turis lokal yang mengunjunginya. Mereka datang dari bermacam kota di Indonesia.

Lokasi dan Biaya masuk Waduk Gajah Mungkur 

Lokasi tepatnya waduk beralamat Sendang, Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri. Biaya untuk masuk cukup membayar Rp. 14000, 00

DAYA TARIK WADUK GAJAH MUNGKUR 

Berikut ini merupakan hal – hal yang menjadi daya tarik Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur:

1. Waterboom 

Waterboom ini tercantum wisata baru di Waduk Gajah Mungkur, mulai beroperasi pada tahun 2011. Akan namun tempat ini hening akan wisatawan, disebabkan tiket masuk yang dikira mahal. walaupun begitu waterboom tidak kalah ramai dengan tempat wisata yang lain saat masa liburan tiba.

2. Berkelana Waduk Gajah Mungkur memakai kapal boat 

Wisata yang satu ini paling banyak digemari oleh wisatawan. Hanya membayar 10. 000/orang, wisatawan mampu menelusuri memakai kapal boat, tidak hanya kapal boat obyek wisata ini juga memiliki sepeda air, perahu motor, dan banana boat sebagai primadona yang lain. saat masa kemarau, debit air sedikit dasar dari waduk mampu dilihat.

3. Memancing 

Memiliki perairan buatan yang luas, tak heran obyek wisata ini juga menjadi surga bagi kalian yang kegemaran memancing. Waduk ini menaruh beragam tipe ikan air tawar mulai dari tawas, wader pari, patin jambal, hingga nila juga ada di waduk tersebut. Habitat ikan – ikan tersebut berada di tempat berbeda. Pagi dan sore hari ialah waktu yang pas untuk memancing.

4. Halaman binatang 

meski halaman binatang memiliki dimensi kecil, akan namun memiliki koleksi hewan yang cukup banyak yang meningkat mulai dari tahun 2016. Di dalamnya terdapat kasuari, monyet, beberapa buaya, bermacam tipe burung yang lain, serta gajah. Gajah di tempat mampu dinaiki dan dipakai berkelana hanya di sekitar zona halaman binatang.

5. Halaman Bermain Anak 

Obyek wisata Waduk Gajah Mungkur memang memiliki banyak arena yang cocok untuk tamasya keluarga. halaman bermain ini contohnya disini terdapat banyak game, mulai dari game yang berbayar seperti bianglala mini, kereta kelinci, komedi putar, dan juga sepeda air. setelah itu game yang free ialah jungkat – jungkit, prosotan, ayunan, serta masih banyak lagi yang lain.

6. Halaman Tombo Galau 

ialah tempat wisata yang paling baru di Waduk Gajah Mungkur. halaman ini di tujukan untuk para kawula muda, juga menjadi tempat peristirahatan sehabis mengelilingi Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur. serta menjadi spot foto untuk para wisatawan pastinya dilengkapi halaman hijau ditambah air mancur, dan tempat yang menyuguhkan bermacam game tradisional seperti ular tangga, game catur, sundah mandah dipastikan lebih membuat wisatawan senang, Sesuai namanya tombo galau ataupun obat galau.

7. Gantole/layang gantung 

Bagi kalian yang menggemari hal yang menantang adrenalin, wajib berupaya salah satu berolahraga ekstrim ini. Berada di Bukit Joglo terletak di bagian barat Waduk Gajah Mungkur, berolahraga gantole sendiri belum banyak di Jawa Tengah. seandainya menaiki layang gantung wisatawan mampu memandang keelokan Waduk Gajah Mungkur dari atas. Serta menjadi tempat kesukaan untuk selfie.

Dari bermacam tempat wisata diatas pastinya Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur, miliki sarana lengkap untuk memanjakan wisatawan. memandang, tempat wisata yang banyak dan mengasyikkan mampu dijadikan salah satu catatan obyek wisata yang harus didatangi bersama keluarga.
Waduk Gajah Mungkur ini di rencanakan sanggup berdiri hingga berumur 100 tahun. Namun, disayangkan Perum Jasa Tirta Bengawan Solo mengalami kesulitan dalam perawatan Waduk Gajah Mungkur. diakibatkan oleh kehancuran wilayah Aliran Sungai (DAS) yang parah menyebabkan sedimentasi waduk yang sangat besar. Serta diperkirakan waduk ini tidak akan berumur panjang. Pihak pengelola Waduk Gajah Mungkur, selalu berupaya dari tahun ke tahun untuk mampu mengelola secara professional. Banyak wahana yang baru saja direalisasikan.

Belum ada Komentar untuk "Objek Wisata waduk gajah mungkur wonogiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel