Objek Wisata Bukit Cumbri Wonogiri - TNN TRAVEL

Objek Wisata Bukit Cumbri Wonogiri

Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kata hiking? Gunung? Tebing? Ataupun mungkin sunrise? Hiking memang sebuah aktivitas mengharuskan anda untuk menaiki tanjakan di tempat-tempat besar seperti gunung, tebing ataupun bukit.

Aktivitas ini bukan hanya memacu adrenalin, tetapi juga menyuguhkan anda dengan upah setimpal, seperti semisal panorama alam indah yang mampu menyembuhkan kerasa letih anda sehabis tenaga anda banyak terkuras akibat hiking.

Objek Wisata Bukit Cumbri Wonogiri

Indonesia memiliki puluhan, terlebih lagi ratusan gunung yang bisa dijadikan tempat referensi ber-hiking. Sebut saja gunung semeru ialah gunung paling tinggi di pulau jawa.
Tetapi mengerti kah anda bahwa baru-baru ini timbul satu destinasi hiking baru yang tak kalah menarik dari gunung semeru? Ia merupakan bukit cumbri, yang banyak diketahui melalui media sosial.

Penampakan bukit cumbri tidak begitu hijau seperti bukit-bukit pada biasanya. Di sana hanya didominasi oleh rumput liar yang berkembang besar dan beberapa tumbuhan jambu monyet.

Walaupun demikian, bermacam berbagai keelokan disuguhkan tidak akan membuat anda merasa rugi sehabis berkunjung, paling utama yang suka untuk hunting potret-potret eksotis.

Bukit cumbri terkategori besar, akan namun ia tetap terkategori ke dalam bukit. Akan namun, karena masyarakat jawa tidak mengenal bukit, maka mereka tetap menyebutnya sebagai gunung cumbri.
Kecantikan cumbring sangat memesona dan tak kalah dengan wisata sejenisnya. Ketinggiannya mencapai 638 mdpl sudah cukup untuk membuat serasa berada di atas awan.

Legenda Bukit Cumbri


Ada cerita menarik di balik nama bukit cumbri ini. Menurut legenda, asal usul kata cumbri berasal dari seekor burung setelah itu berbeda menjadi gunung, ialah garuda cumbri. Dikisahkan bahwa pada suatu saat, burung ini memangsa seorang petani saat membajak sawah.

Petani tersebut berhasil menyelamatkan pribadinya dengan cara merobek leher burung tersebut. Tentu saja hal ini mendadak membuat si burung terbunuh.

Lalu, burung ini dikatakan jatuh ke bumi dan lelet laun berbeda bentuk menjadi sebuah gunung setelah itu dinamai gunung cumbri. Itu merupakan cerita mengenai penamaannya, untuk sejarah ataupun misterinya masih belum diketahui.

Lokasi Bukit Cumbri

wisata alam wonogiri ini terletak di antara wonogiri dan ponorogo. Alamat lengkapnya merupakan di desa kepyar, kecamatan purwantoro, kabupaten wonogiri.

Rute menuju Bukit Cumbri

Oleh karena lokasinya dibagi ke dalam 2 wilayah berbeda, ada beberapa rute bisa dipakai untuk mencapai bukit cumbri ini. Rute pertama merupakan rute bisa ditempuh dari wonogiri, rute kedua mampu ditempuh dari solo, rute ketiga dari madiun, dan terakhir merupakan dari ponorogo.

Jika anda memutuskan jalur wonogiri, maka mampu memutuskan berangkat melalui ponorogo ataupun melintasi jalan purwantoro dengan kondisi cukup lembut, sampai-sampai tidak perlu khawatir mengenai trek susah. Walaupun demikian, tetap harus mempersiapkan kondisi kendaraan dan badan bugar agar bisa dengan mudah saat melalui trek menanjak.

Seandainya anda berasal dari solo dan sekitarnya, anda mampu memakai rute solo-wonogiri memakai jalan purwantoro mengarah desa biting. Seandainya anda tidak memakai kendaraan individu, anda mampu memakai jasa transportasi umum, ialah bis akdp jurusan solo-jateng ke purwantoro.

Sesampainya di sana, anda mampu memanfaatkan jasa ojek untuk mencapai bukit cumbri.
Selanjutnya, anda juga mampu memakai rute madiun. Dari madiun, mampu mengarah ponorogo ke sampung dan turun di pager ukir. Ada 4 jalur pendakian, ialah melalui jalur pintu timur ialah melewati dusun jatisari desa biting, jalur pintu tengah ialah melewati dusun sumber desa biting, dan
jalur barat ialah melewati dusun kepyar.

Rute terakhir untuk mencapai bukit cumbri ini merupakan rute ponorogo, ialah melalui desa pager ukir di kecamatan sampung. Semua rute di atas sudah difasilitasi dengan trek mudah. Akan namun, sehabis sampai di parkiran bukit cumbri, ekspedisi dilakukan trekking lagi dengan berjalan kaki. Trekking ini akan memakan waktu kurang lebih satu jam.

Daya Tarik Keindahan Bukit Cumbri


Disuguhkan panorama alam indahsetelah melaksanakan trekking di jalan menanjak sepanjang kurang lebih satu jam, anda akan disuguhi dengan panorama alam luar biasa indah di puncak bukit cumbri ini. Anda akan menciptakan bahwa bukit cumbri memiliki 2 puncak sebaliknya arah, ialah menghadap ke barat dan ke timur.

Bagian puncak menghadap ke barat memiliki ketinggian lebih rendah daripada puncak menghadap ke timur. Puncak cumbri berstruktur tidak rata dengan banyak batuan yang tidak tertib. Ditambah lagi, sisi kanan dan kiri puncak cumbri condong curam sampai-sampai anda harus ekstra berhati-hati saat berada di sana.

Bisa berkemah 

Bukit cumbri memang memiliki bentuk sedikit terjal dan curam, akan namun bagi penggemar ngecamp, maka tetap bisa membawa perlengkapan camping untuk bermalam di puncak bukit cumbri.

Dengan bermalam di sana, maka mampu menemuan panorama alam luar biasa di keesokan paginya, mengingat salah satu pesona terbaik bukit cumbri merupakan sunrise di pagi hari.

Sunrise Begitu Menawan 

Sunrise di bukit cumbri ialah salah satu momen paling ditunggu oleh para wisatawan. Tidak hanya keindahannya tidak mampu dipungkiri, sunrise di atas ketinggian memang ialah spot foto sangat luar biasa.

Dari sini lah bukit cumbri diketahui oleh khalayak luas, ialah melalui potret-potret wisatawan yang di-upload ke media sosial.

Demi mendapatkan foto yang bagus anda perlu usaha, diantaranya tidak hanya bermalam di puncak bukit cumbri, anda tentu saja harus rela mendaki pagi-pagi sekali untuk bisa mendapatkan foto bagus di atas awan dengan sunrise yang mempesona.

Tidak hanya itu, anda juga harus rela mengantri dengan puluhan wisatawan yang lain yang juga mau berhasil mendapatkan hasil foto bagus. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk anda berkunjung saat weekday untuk menjauhi massa yang melimpah saat weekend. Sunset di sini juga menggambarkan pesona tiada tara.

Persiapan yang dilakukan untuk mampu mencapai bukit cumbri ini hanyalah keadaan badan dan kendaraan yang bugar. Hal ini karena tidak ada pungutan biaya apapun ataupun free entry, sebaliknya hanya biaya parkir saja. Data mengenai ini bisa jadi berbeda, bisa jadi saat info ini ditulis sudah menggunakan tiket masuk.

Tidak hanya itu, tempat wisata satu ini dibuka 24 jam dalam satu minggu, sampai-sampai tidak perlu mengkhawatirkan jam buka-tutup seandainya anda datang ke sana saat weekday. Wisata ini mungkin ditutup seandainya ada peristiwa tertentu. Tidak hanya itu, mampu menghubungi kontak yang ada seandainya mau berhasil.

Sekian ulasan tentang Bukit Cumbri semoga dapat menginspirasi temen-temen budiman. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Objek Wisata Bukit Cumbri Wonogiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel