Pantai Goa Cemara, Nikmati Teduhnya tumbuhan Cemara - TNN TRAVEL

Pantai Goa Cemara, Nikmati Teduhnya tumbuhan Cemara

Pantai Goa Cemara, Nikmati Teduhnya tumbuhan Cemara


wilayah Istimewa Yogyakarta, seperti namanya memang istimewa. Provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Jawa ini memiliki segudang cerita tak terlupakan.

Bagi Anda yang pernah jalan-jalan ke sini pasti tahu seperti apa kerasanya. Bukan hanya wilayah Kota-nya saja yang memiliki kemampuan wisata, tetapi juga daerah-daerah yang lain, paling utama pantai. Ada beberapa wilayah Yogyakarta dengan kemampuan wisata bahari terkenal, ialah Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo.

apabila Anda mau berhasil berkunjung ke pantai dengan jarak yang relatif dekat dari Kota Yogyakarta, maka Bantul-lah jawabannya. pantai seperti Parangtritis dan Samas yang populer pasti sudah biasa. Oleh karena itu, jelajahilah pantai lain dengan seluruh keunikannya seperti pantai Goa Cemara.

pantai ini disebut unik karena Anda akan menciptakan ribuan tumbuhan cemara yang berkembang di tepian pantai. Semua tumbuhan cemara berkembang subur dan rimbun, sampai-sampai mampu dijadikan sebagai tempat berteduh.

Lokasi pantai Goa Cemara 

Lokasi tentunya di Bantul Yogyakarta. Tepatnya di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, wilayah Istimewa Yogyakarta.

Jarak dari Kota Yogyakarta juga cukup dekat, sekitar 33 kilometer saja. Tak sampai satu jam Anda sudah bisa sampai di tempat ini dengan kendaraan individu.

Untuk kondisi jalanannya juga sudah sangat bagus. Akses mengarah pantai Selatan wilayah Bantul sudah diaspal dan mampu dilewati dengan nyaman. tetapi untuk masuk ke gerbang pantai Goa Cemara sendiri jalannya masih berbentuk tanah bercampur dengan pasir pantai.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut, karena teksturnya relatif halus. Hanya kadang-kadang masih becek saat masa hujan tiba.

Rute Ke pantai Goa Cemara 

Rute mengarah pantai Goa Cemara dari Kota Yogyakarta sesungguhnya sangat mudah. Dari sini, Anda hanya perlu melaju ke arah selatan Pojok Benteng Kulon. Lurus saja mengikuti jalan sampai ke Jalan Bantul. Lanjutkan ekspedisi terus ke arah selatan hingga Anda menciptakan Jalan Samas.

sehabis itu akan ada Tempat Pembayaran Retribusi (TPR), Anda dimohon untuk membayar tiket masuk terlebih dahulu sebelum melanjutkan ekspedisi. sehabis membayar di TPR, Anda akan melewati deretan pantai. Ikuti petunjuk arah sampai pantai Goa Cemara.

sebaliknya apabila Anda dari arah Gunung Kidul dan penasaran dengan pesona pantai Goa Cemara, jarak yang harus ditempuh sekitar 63 kilometer dengan waktu kurang lebih 1, 5 jam. Rute utamanya melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. Arahkan kendaraan Anda mengarah ke Jalan Wunut. setelah itu sekitar 1 kilometer belok kiri ke Jalan Raya Wonosari-Paliyan. sehabis berjalan kurang lebih 4 kilometer, ambil kanan ke Jalan Playen Wonosari.

sehabis itu ikuti jalan dengan urutan Jalan Raya Panggang Wonosari, Jalan Panggang Parangtritis, Jalan Samas Kretek dan Jalan Samas Srigading. Berikutnya berjalan sampai Jalan Lintas Selatan, lalu Jalan Rajiman dan ikuti plang petunjuk ke pantai Goa Cemara.

Harga Tiket Masuk pantai Goa Cemara 

Sebelum merambah wilayah pantai, Anda akan menyudahi di tempat pembayaran retribusi untuk membayar tiket masuk. Harga yang dibanderol untuk merambah kawasan pantai ini merupakan 5 ribu rupiah per orang.

sehabis sampai ke tujuan, Anda juga harus membayar parkir. Sepeda motor dipakai tarif 2 ribu rupiah, mobil 5 ribu rupiah dan bis 15 ribu rupiah. Masih sangat murah bukan? Anda tak akan bangkrut dengan berkunjung ke wilayah pantai di Bantul ini.

Mitos Mengenai pantai Goa CemaraSeperti pantai-pantai selatan yang lain, pantai Goa Cemara ini juga dihubungkan dengan beberapa mitos. Kebanyakan mitos tersebut dihubungkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul, si Ratu pantai Selatan.

Warga sekitar yang masih memegang teguh keyakinan atas mitos acapkali mengadakan ritual persembahan untuk menghormati Nyi Roro Kidul. Ritual ini paling tidak dilakukan setahun sekali setiap bertepatan pada 1 Muharram ataupun 1 Suro.

Ritual yang dinamakan dengan Lelabuhan dilaksanakan dengan mengarak boneka berbentuk seperti kambing. Boneka ini diberi nama Kambing Kendhit. Pengarakan diiringi dengan Kirab berbentuk hasil bumi sebagai ciri kesuburan alam sekelilingnya.

Sebagian masyarakat modern jaman sekarang mungkin kurang percaya dengan semua mitos yang ada. Akan namun, ritual ini sudah menjadi bagian dari budaya dan tradisi yang pantas dihargai.

Mercusuar di pantai Goa Cemara

Satu lagi yang menjadi keunikan dari pantai Goa Cemara merupakan adanya Mercusuar dengan ketinggian mencapai 40 meter. Silahkan datangi Mercusuar ini dan apabila Anda mau berhasil menaikinya, cukup bayar sebesar 5 ribu rupiah per 2 orang.

Untuk sampai ke lantai paling atas memang hanya dibatasi sampai 2 orang, karena tempat di dalam Mercusuar tidak cukup luas dan membutuhkan usaha khusus biar bisa sampai puncak.

Nantinya Anda harus menaiki tangga berbentuk spiral hingga 5 ataupun 6 lantai. sehabis itu, masih harus memanjat tangga vertikal sampai puncak. tetapi begitu sampai lantai paling tinggi Mercusuar, Anda akan disuguhi panorama alam sekitar yang sangat luar biasa.

Gugusan perbukitan, luasnya lautan dan hamparan tumbuhan cemara di bawah sangat memesona. Tempat ini juga menjadi spot sempurna bagi para penggemar fotografi untuk mengabadikan semua keelokan alam.

Kalau sedang masa liburan, wahana Mercusuar ini akan sangat ramai, diisyarati dengan panjangnya antrian. hendaknya jangan berlama-lama di atas sana, karena harus bergantian dengan wisatawan yang lain. Lalu yang paling penting, jangan pula mencoret-coret tembok Mercusuar, agar kebersihan serta kelestariannya tetap terpelihara.

Daya Tarik Lainnya

Tak hanya menjadi tempat berteduh saja, pantai Goa Cemara ini tentu memiliki daya tarik lain yang bisa Anda nikmati. Berikut daftarnya:

tumbuhan cemara yang ditanam di pantai ini merupakan dari tipe cemara udang. Jumlahnya kurang lebih 6000 tumbuhan yang berdiri di atas lahan pinggiran pantai seluas 20 hektar. Saking banyak dan rimbun pepohonan cemara dengan jarak tertib yang bersebelahan, membuat atmosfer menjadi lebih rindang serta sejuk.

Setting dengan latar belakang pepohonan cemara setelah itu menjadi incaran para pemuda pemudi untuk hunting foto kekinian. Hal ini wajar berlangsung karena pepohonan cemara tersebut sangat instagramable seandainya diambil dari sudut yang pas.

Berkemah 


Jika belum pernah berkemah dipantai, harus coba disini. Saking luasnya zona pantai Goa Cemara, sekarang disediakan pula Camping Ground bagi turis yang mau berhasil berkemah di bawah pepohonan cemara.

atmosfer ini akan merasa lebih istimewa sembari merasakan kesegaran angin menerpa dipadu suara deburan ombak. dipastikan Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang memuaskan.

Naik ATV 

Wahana ATV tak hanya bisa dirasakan di pantai Parangtritis saja. Anda juga bisa menaikinya di pantai Goa Cemara.

Dengan menaiki ATV ini, Anda bisa menjelajahi sekitar pinggiran pantai hingga ke dalam zona pepohonan cemara.

Berkuda 

aktivitas lain yang bisa dilakukan selagi berada di pantai Goa Cemara merupakan berkuda.

Sewalah kuda ke penyedia sekitar, setelah itu memohon tolong dampingi oleh ahli untuk berkuda menjelajahi pinggiran pantai.

Piknik Di Bawah tumbuhan Cemara 

kegiatan ini biasanya dilakukan oleh keluarga kecil ataupun besar. Bisakah Anda bayangkan betapa berharganya kumpul keluarga dengan menggelar tikar di bawah pepohonan cemara, lalu membawa bekal dari rumah, menyantapnya bersama dan memandang lautan pas di depan mata?

Momen seperti ini akan mempererat ikatan dan kekompakan antar anggota keluarga. aktivitas ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang sepanjang ini sangat padat jadwal dengan pekerjaan, sampai-sampai jarang berkumpul bersama keluarga.

Jam Buka pantai Goa Cemara 

pantai Goa Cemara buka setiap hari sepanjang 24 jam. Apalagi disediakan camping ground di dalamnya. Akan namun, tidak menutup mungkin saja bahwa petugas di pos retribusi hanya bertugas dari pagi hingga sore hari.

Oleh karena itu, seandainya Anda mau berhasil berkemah, hendaknya datang di jam-jam TPR masih buka. pantai ini juga akan dipadati oleh wisatawan paling utama di hari libur. apabila Anda mau berhasil merasakan nuansa damai dan tenang, datanglah di hari kerja.
ayo lekas atur jadwalmu untuk melancong ke pantai Goa Cemara. Jangan lupa ajak keluarga ataupun teman-teman untuk berangkat bersama.

permasalahan sarana umum juga sudah cukup lengkap, jadi Anda tinggal datang ke sini, setelah itu segarkan badan dan benak dari kegiatan padat tiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Pantai Goa Cemara, Nikmati Teduhnya tumbuhan Cemara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel